Definisi Dan Kaidah Kalam Dalam Ilmu Nahwu

Apakah Kalam itu…?

Kalam adalah suatu lafadh yang tersusun dan bermakna lengkap. Maksudnya Kalam dalam ilmu nahwu adalah ia harus memenuhi 4 syarat, yaitu:

1. Lafadz, adalah ucapan yang mengandung banyak huruf hija’iyah. Maksudnya sebuah lafadz itu harus mengandung dari sekian banyak huruf hijai’yah. Misalnya: كتا ب . قلم . atau lafadz merupakan gabungan dari suatu kata dalam bahasa arab yang mengandung makna atau arti.

2. Murakkab, adalah Ucapan yang tersusun atas dua kalimat atau lebih, Maksudnya murakkab merupakan gabungan dari beberapa lafadz.
Sebagai contoh: الله اكبار

3. Mufid, adalah ungkapan berfaedah yang dapat memberikan pemahaman sehingga pendengarnya merasa puas. Mufid memberikan perincian atas maksud dari suatu kataatau penjelasan yang dapat di telaah oleh pendengar, sehingga pendengar mengetahui apa maksud adri si pembicara.
Misalnya: زيد قا ئم

4. Wadha’, adalah Menjadikan lafadz agar menunjukkan suatu makna, serta dalam pembicaraanya itu di sengaja. Karena jika tidak di sengaja sebagai misal dia sedang mengigau, maka yang itu tidak dapat di katakan sebagai wadha’.

Semoga Bermanfaat… “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: