Virus Dan Anti Virus

Virus Dan Anti Virus

Pengertian Virus

Virus merupakan sebuah program pengkodean yang bertujuan untuk menghancurkan, merusak, dan menghilangkan data penting yang ada dalam komputer korban. Virus ini berisi pengkodean berupa command atau perintah yang di tujukan lewat sebuah icon, aplikasi, keygen, bahkan dapat menjalar atau meambat lewat sebuah website yang kita buka.

Ada Beberapa virus yang terdiri dari: worm, trojan, adware, malware, spyware, dll.Yang paling berbahaya diantara kesekian itu adalah Spyware.

Menurut wikipedia definisi spyware mwliputi:

Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak ber-iklan yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan “segudang iklan” kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).

Contoh spyware adalah trojan, trojan adalah virus atau pengkodean yang di buat untuk dapat mengetahui informasi penting yaksi sebuah data rahasia ataupun pasword, sehingga dapat membobol sistem keamanan dengan mudah.

Belakangan ini virus menjadi hal yang sangat di gemari untuk di buat, karena akhir-akhir ini banyak aplikasi yang dengan mudah dapat membuat virus dalam hitungan detik.  Bayangkan jika sekian detik virus dapat di buat, sedangkan sebuah cheksum atau sampel virus pada database sebuah virus itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk di buat, dapat kita bayangkan betapa banyaknya virus yang tidak di kenali oleh sebuah anti virus.

 

Pengertian Anti Virus

Anti Virus juga merupakan sebuah program aplikasi yang di buat dari pengkodean yang berfungsi untuk menolak command atau perintah dengan mendisable sebuah system yang tidak di inginkan di komputer, sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa anti virus merupakan sebuah program yang di buat demi keamanan dan tidak merugikan.

Anti Virus mempunyai sebuah cheksum, atau dapat kita artikan sebagai kamusnya anti virus. Cheksum ini dapt menjadi database sebuah anti virus. Semakin besar databasenya maka semakin baik dalam mendeteksi sebuah ancaman virus, karena memiliki daya deteksi yang cukup tinggi. Itulah Pengertian dasar dari dua pengkodean yang saling bermusuhan tanpa adanya kompromi, sehingga harus ada satu yang mati atau kalah sehingga semua itu akan terasa aman atau hancur…”!!

Wasalamualaikum..Wr. Wb dan Semoga Bermanfaat..

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: